GEDE PUTRA ADNYANA: BARBAGI UNTUK SALING MENGERTI DAN MEMAHAMI DEMI KEMULIAAN SEMUA MAKHLUK

UN 2010


7 LANGKAH CERDAS HADAPI UN 2010
Oleh: Gede Putra Adnyana
Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA akan digelar tanggal 22 – 26 Maret 2010. Seperti UN sebelumnya, pergeleran UN tahun ini juga menuai pro dan kontra. Berbagai alasan diberikan terhadap penolakan tersebut, seperti 1) bertentangan dengan UU No. 20/2003, yang menyatakan bahwa vonis terhadap hasil belajar siswa (HBS) semestinya dilaksanakan oleh guru, 2) belum setaranya kualitas pendidikan satu daerah dengan daerah lain, sehingga tidak relevan manakala evaluasinya sama, dan 3) hasil UN yang hanya 120 menit menentukan kelulusan, sehingga dirasakan menggerogoti rasa keadilan.
Apapun alasannya, ternyata pemerintah tetap menggelar UN tahun 2010. Oleh karena itu, tugas siswa dan guru adalah bagaimana menghadapi UN dengan cerdas, sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.
Berikut diberikan 7 langkah cerdas menghadapi UN 2010.
1)   Segera mengumpulkan soal-soal (UN), paling tidak untuk 3 tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis kasar, ternyata soal-soal yang muncul pada UN dari tahun ke tahun relatif sama (hampir sama).
2)   Jawab semua soal-soal tersebut jangan ada yang terlewati. Diskusikan dengan teman/sahabat belajar, dan tanyakan kepada teman/guru jika ada soal yang tidak bias diselesaikan. Sebaiknya, diusahakan untuk mencari dulu jawaban dengan mengkaji berbagai buku/pustaka. Karena, menemukan sendiri akan lebih bermakna ketimbang diberitahu oleh orang lain.
3)   Temukan kisi-kisi UN 2010 (telusuri di sini). Dengan kisi-kisi, pembelajaran kita menjadi efektif, efesien, dan terarah. Karena, soal UN pasti disusun berdasarkan kisi-kisi tersebut.
4)   Setiap hari harus selalu ada waktu untuk menyelesaikan soal-soal UN. Saat ini kiranya sudah agak terlambat (kurang efektif), jika pembelajaran dimulai dengan membaca materi. Sebaiknya kegiatan belajar diawali dengan membahas soal-soal UN.
5)   Rajinlah menjelajah dunia maya (internet), karena akan banyak ditemukan materi/soal yang relevan dengan UN. Seperti, prediksi soal UN 2010, pembahasan soal-soal UN tahun sebelumnya, strategi praktis pemecahan soal, dan materi-materi yang sering muncul dalam UN.
6)   Jangan berprasangka negatif terhadap pelaksanaan UN. Isu-isu miring tentang UN, seperti beredarnya kunci jawaban, diberikan kesempatan kerjasama, dan guru-guru akan memberikan jawaban, harus dibuang jauh-jauh dari pikiran siswa. Jangan mengharap sesuatu yang belum terjadi, tetapi persiapkanlah dirimu dengan baik untuk menghadapi UN. Perasaan positif akan mampu membangun motivasi, yang akhirnya menghadirkan kukuatan sejati.
7)   Selalu berdoa kehadapan Yang Kuasa, agar diberikan petunjuk jalan yang benar. Kebersihan nurani, kekuatan jiwa, dan keikhlasan hati terhadap segala yang akan kita hadapi. Kondisi ini diyakini mampu membangun konsentrasi belajar yang lebih baik.
Jika ketujuh langkah tersebut dilaksankan, maka niscaya mitos dan momok UN akan hancur dihadapan siswa. Semua kelemahan akan bermetamorfosis menjadi kekuatan. Dan, UN bukan lagi sebagai tantangan, tetapi bermutasi menjadi peluang. Peluang untuk menunjukkan kemampuan/prestasi dan diri sejati.

Tidak ada komentar: