GEDE PUTRA ADNYANA: BARBAGI UNTUK SALING MENGERTI DAN MEMAHAMI DEMI KEMULIAAN SEMUA MAKHLUK

Program Ekstrakurikuler KPKT


RENCANA KEGIATAN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
KELOMPOK PENGGEMAR KARYA TULIS (KPKT)
SMAN 1 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh: Gede Putra Adnyana
(Pembina Ekstrakurikuler KPKT)
1.    Pendahuluan
1.1    Latar Belakang
Pasa 3 Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berkaitan dengan hal tersebut maka mengembangkan potensi peserta didik patut mendapatkan pencermatan dari satuan pendidikan.
Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, pada pasal 3 dan pasal 4, menyebutkan bahwa pembinaan kesiswaan dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler. Salah satu materi dari 10 materi pembinaan siswa adalah pembinaan prestasi akademis. Kondisi ini sangat relevan diwujudnyatakan, karena sesuai dengan visi SMAN 1 Banjar, yaitu Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Berperilaku, dengan Tri Kaya Parisudha mewujudkan Tri Hita Karana.
Pembinaan prestasi akademis dapat berupa peningkatan pemahaman materi pembelajaran maupun kegiatan tulis menulis. Salah satu ekstrakurikuler sebagai wujud dari pembinaan prestasi akademis siswa adalah Kelompok Penggemar Karya Tulis (KPKT). Melalui kegiatan KPKT diupayakan untuk menumbuhkembangkan daya analisis kritis siswa, sehingga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan nyata sehari-hari.
1.2    Tujuan Kegiatan
Adapun yang menjadi tujuan pembinaan ekstrurikuler KPKT, antara lain:
1)      Menumbuhkembangkan kegemaran dan kebiasaan menulis di kalangan peserta didik;
2)      Memberikan wadah kepada peserta didik dalam menuangkan gagasan dan kreativitasnya melalui kegiatan tulis menulis;
3)      Meningkatkan kemampuan menulis yang baik, benar, dan efektif di kalangan peserta didik;
4)      Meningkatkan daya analitis kritis dan mampu mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan nyata sehari-hari
1.3    Manfaat Kegiatan
Manfaat yang diharapkan dari pembinaan ekstrakurikuler KPKT, diantaranya:
1)      Bagi siswa bermanfaat untuk mengasah dan mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan daya kompetitif siswa, baik di tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, nasional, maupun di masyarakat;
2)      Bagi sekolah, dapat dijadikan sebagai indikator kualitas pengelolaan satuan pendidikan, serta dapat mengangkat prestasi dan prestise satuan pendidikan;
3)      Bagi pemerintah dan masyarakat, dapat dijadikan sebagai ukuran untuk memberikan penilaian terhadap pengelolaan pembelajaran di satuan pendidikan
1.4    Sasaran dan Target
Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMAN 1 Banjar pada umumnya, dan siswa yang gemar dengan kegiatan tulis menulis pada khususnya. Kegiatan tulis menulis yang dibina meliputi tulisan berupa fiksi dan nonfiksi.
Sedangkan target dari pembinaan kesiswaan dalam ekstrakurikuler KPKT, disajikan pada tabel berikut:
No.
Jenis Karya
Tingkat
Target
1
Karya Fiksi (Cerpen, Novel, Sinopsis, Resensi)
Kabupaten
Juara I, II, atau III
Provinsi
Finalis, Juara Harapan
Nasional
Finalis
2
Karya Nonfiksi (Esai, Makalah, penelitian, opini)
Kabupaten
Juara I, II, atau III
Provinsi
Finalis, Juara Harapan
Nasional
Finalis
2.    Pelaksanaan Kegiatan
2.1  Waktu dan Tempat Kegiatan
Pembinaan ekstrakurikuler KPKT dilaksanakan baik pada waktu efektif kegiatan sekolah maupun pada saat libur. Hal ini dilakukan sesuai dengan siutasi dan kondisi kegiatan sehingga tepat guna dan tepat sasaran.
Demikian pula halnya dengan tempat pelaksnaan kegiatan pembinaan ekstrakurikluler KPKT ini, dapat dilaksanakan di lingkungan SMAN 1 Banjar atau di tempat lain sesuia dengan situasi dan kondisi, serta tujuan kegiatan. Hal ini karena dalam proses pencarian data dan /atau sumber data ada di luar lingkungan sekolah.
2.2  Uraian Kegiatan dan Personalia
Kegiatan pembinaan ekstrakurikuler KPKT, pada initinya memberikan pelayanan kepada peserta didik dalam kerangka meningkatkan kompetensinya menulis karya tulis. Dalam hal ini karya tulis dapat berupa karya fiksi maupun nofiksi.
Adapun nama Pembina dan materi yang disajikan, seperti pada tabel:
No
Nama Pembina
Materi Pembinaan/ Sajian
1
Gede Putra Adnyana, S.Pd.
Ø Teknik menulis, baik fiksi maupun nonfiksi, teknik pengetikan dan pengeditan
Ø Teknik penggalian permasalahan, menyusun latar belakang, tujuan, rumusan masalah, dan manfaat penelitian;
Ø Metode penelitian: rancangan penelitian, populasi dan sampel atau aspek kajian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data, serta penarikan simpulan
2
I Ketut Siumum, S.Pd.
Ø Teknik pengkajian kepustakaan, cara melakukan observasi, dan perancangan alat/istrumen penelitian
2.3  Jadwal Kegiatan
Jadwal dalam kegiatan ini dibedakan menjadi dua, yaitu jadwal rutin dan insidentil. Jadwal rutin adalah jadwal pembinaan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yaitu 5 x dalam sebulan. Sedangkan jadwal incidental adalah jadwal yang disusun dalam rangka menghadapi lomba/kejuaraan.
Berkaitan dengan hal tersebut dapat disajikan jadwal rutin pembinaan ekstrakurikuler KPKT, sebagai berikut:
No
Uraian Kegiatan
Bulan Tahun Pelajaran 2009/2010
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1.
Pemantapan materi tentang teknik penulisan karya fiksi dan nonfiksi












2.
Penyusunan Pendahuluan (latar belakang, rumusan, tujuan, dan manfaat penelitian)
serta bagian awal pada fiksi












3.
Pengkajian kepustakaan dan teknik mencari sumber di perpustakaan












4.
Pemantapan penyusunan Metode Penelitian (rancangan, variable, populasi & sampel,
teknik pengumpulan dan analisis data)












5.
Pembinaan tentang penyajian hasil penelitian dan pembahasan












6.
Penarikan simpulan serta pemberian rekomenasi












2.4  Anggaran Biaya
Pembiayaan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler KPKT bersumber dari dana Komite SMA Negeri 1 Banjar dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Pembiayaan terhadap kegiatan ini meliputi dana peningkatan kinerja untuk Pembina, konsumsi, pembelian alat/bahan, transportasi pengambilan data, pembelian buku referensi, dan alat tulis kantor.
Besarnya anggaran untuk masing-masing pos disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan. Besar anggaran ini sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi saat itu.
3.      Penutup
Demikianlah rencana kegiatan pembinaan ekstrkurikuler KPKT ini disusun agara dapat dijadikan acuan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dalam penyusunan ini tentu dimukan berbagai permasalahan dan kekurangan. Oleh karena itu berbagai masukan dalam kerangka penyempurnaan rencana kegiatan ini sangat diharapkan.
Akhirnya, agar rencana kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman, dan lancer, sangat diharapkan dukungan dari stakeholder pendidikan di SMAN 1 Banjar. Atas segala partisipasi, dukungan, dan budi baiknya diucapkan terima kasih, semoga kehadiran KPKT di SMAN 1 Banjar, relevan dan signifikan dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Mengetahui:                                                                 Banyuatis, Juli 2009
Kepala SMAN 1 Banjar,                                              Pembina KPKT,



Drs. I Dewa Ketut Ngurah                                          Gede Putra Adnyana, S.Pd.
NIP. 194912311975031016                                        NIP. 196812011991031005


Tidak ada komentar: