RENCANA KEGIATAN PEMBINAAN
EKSTRAKURIKULER
KELOMPOK PENGGEMAR
KARYA TULIS (KPKT)
SMAN
1 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh:
Gede Putra Adnyana
(Pembina
Ekstrakurikuler KPKT)
1. Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Pasa 3 Undang Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional
bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab. Berkaitan dengan hal tersebut maka mengembangkan
potensi peserta didik patut mendapatkan pencermatan dari satuan pendidikan.
Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008
tentang Pembinaan Kesiswaan, pada pasal 3 dan pasal 4, menyebutkan bahwa
pembinaan kesiswaan dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan
kokurikuler. Salah satu materi dari 10 materi pembinaan siswa adalah pembinaan
prestasi akademis. Kondisi ini sangat relevan diwujudnyatakan, karena sesuai
dengan visi SMAN 1 Banjar, yaitu Unggul dalam Prestasi, Santun dalam
Berperilaku, dengan Tri Kaya Parisudha mewujudkan Tri Hita Karana.
Pembinaan prestasi akademis dapat
berupa peningkatan pemahaman materi pembelajaran maupun kegiatan tulis menulis.
Salah satu ekstrakurikuler sebagai wujud dari pembinaan prestasi akademis siswa
adalah Kelompok Penggemar Karya Tulis (KPKT). Melalui kegiatan KPKT diupayakan
untuk menumbuhkembangkan daya analisis kritis siswa, sehingga mampu memberikan
solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan nyata sehari-hari.
1.2
Tujuan Kegiatan
Adapun yang menjadi tujuan
pembinaan ekstrurikuler KPKT, antara lain:
1)
Menumbuhkembangkan
kegemaran dan kebiasaan menulis di kalangan peserta didik;
2)
Memberikan
wadah kepada peserta didik dalam menuangkan gagasan dan kreativitasnya melalui
kegiatan tulis menulis;
3)
Meningkatkan
kemampuan menulis yang baik, benar, dan efektif di kalangan peserta didik;
4)
Meningkatkan
daya analitis kritis dan mampu mencarikan solusi terhadap permasalahan yang
dihadapi dalam kehidupan nyata sehari-hari
1.3
Manfaat Kegiatan
Manfaat yang diharapkan dari
pembinaan ekstrakurikuler KPKT, diantaranya:
1)
Bagi
siswa bermanfaat untuk mengasah dan mengembangkan potensi yang dimiliki,
sehingga dapat meningkatkan daya kompetitif siswa, baik di tingkat sekolah,
kabupaten, provinsi, nasional, maupun di masyarakat;
2)
Bagi
sekolah, dapat dijadikan sebagai indikator kualitas pengelolaan satuan
pendidikan, serta dapat mengangkat prestasi dan prestise satuan pendidikan;
3)
Bagi
pemerintah dan masyarakat, dapat dijadikan sebagai ukuran untuk memberikan
penilaian terhadap pengelolaan pembelajaran di satuan pendidikan
1.4
Sasaran dan Target
Sasaran dari kegiatan ini adalah
siswa SMAN 1 Banjar pada umumnya, dan siswa yang gemar dengan kegiatan tulis
menulis pada khususnya. Kegiatan tulis menulis yang dibina meliputi tulisan
berupa fiksi dan nonfiksi.
Sedangkan target dari pembinaan
kesiswaan dalam ekstrakurikuler KPKT, disajikan pada tabel berikut:
No.
|
Jenis Karya
|
Tingkat
|
Target
|
1
|
Karya
Fiksi (Cerpen, Novel, Sinopsis, Resensi)
|
Kabupaten
|
Juara
I, II, atau III
|
Provinsi
|
Finalis,
Juara Harapan
|
||
Nasional
|
Finalis
|
||
2
|
Karya
Nonfiksi (Esai, Makalah, penelitian, opini)
|
Kabupaten
|
Juara
I, II, atau III
|
Provinsi
|
Finalis,
Juara Harapan
|
||
Nasional
|
Finalis
|
2.
Pelaksanaan Kegiatan
2.1
Waktu dan Tempat Kegiatan
Pembinaan ekstrakurikuler KPKT
dilaksanakan baik pada waktu efektif kegiatan sekolah maupun pada saat libur.
Hal ini dilakukan sesuai dengan siutasi dan kondisi kegiatan sehingga tepat
guna dan tepat sasaran.
Demikian pula halnya dengan
tempat pelaksnaan kegiatan pembinaan ekstrakurikluler KPKT ini, dapat dilaksanakan
di lingkungan SMAN 1 Banjar atau di tempat lain sesuia dengan situasi dan
kondisi, serta tujuan kegiatan. Hal ini karena dalam proses pencarian data dan
/atau sumber data ada di luar lingkungan sekolah.
2.2
Uraian Kegiatan dan Personalia
Kegiatan pembinaan
ekstrakurikuler KPKT, pada initinya memberikan pelayanan kepada peserta didik
dalam kerangka meningkatkan kompetensinya menulis karya tulis. Dalam hal ini
karya tulis dapat berupa karya fiksi maupun nofiksi.
Adapun nama Pembina dan materi
yang disajikan, seperti pada tabel:
No
|
Nama
Pembina
|
Materi
Pembinaan/ Sajian
|
1
|
Gede
Putra Adnyana, S.Pd.
|
Ø Teknik menulis, baik fiksi
maupun nonfiksi, teknik pengetikan dan pengeditan
Ø Teknik penggalian permasalahan,
menyusun latar belakang, tujuan, rumusan masalah, dan manfaat penelitian;
Ø Metode penelitian: rancangan
penelitian, populasi dan sampel atau aspek kajian, teknik pengumpulan data,
dan teknik analisis data, serta penarikan simpulan
|
2
|
I
Ketut Siumum, S.Pd.
|
Ø Teknik pengkajian kepustakaan, cara
melakukan observasi, dan perancangan alat/istrumen penelitian
|
2.3
Jadwal Kegiatan
Jadwal dalam kegiatan ini
dibedakan menjadi dua, yaitu jadwal rutin dan insidentil. Jadwal rutin adalah
jadwal pembinaan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yaitu 5 x dalam
sebulan. Sedangkan jadwal incidental adalah jadwal yang disusun dalam rangka
menghadapi lomba/kejuaraan.
Berkaitan dengan hal tersebut
dapat disajikan jadwal rutin pembinaan ekstrakurikuler KPKT, sebagai berikut:
No
|
Uraian Kegiatan
|
Bulan Tahun Pelajaran
2009/2010
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1.
|
Pemantapan
materi tentang teknik penulisan karya fiksi dan nonfiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Penyusunan
Pendahuluan (latar belakang, rumusan, tujuan, dan manfaat penelitian)
serta
bagian awal pada fiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pengkajian
kepustakaan dan teknik mencari sumber di perpustakaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Pemantapan
penyusunan Metode Penelitian (rancangan, variable, populasi & sampel,
teknik
pengumpulan dan analisis data)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pembinaan
tentang penyajian hasil penelitian dan pembahasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Penarikan
simpulan serta pemberian rekomenasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Anggaran
Biaya
Pembiayaan kegiatan pembinaan
ekstrakurikuler KPKT bersumber dari dana Komite SMA Negeri 1 Banjar dalam
rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Pembiayaan
terhadap kegiatan ini meliputi dana peningkatan kinerja untuk Pembina,
konsumsi, pembelian alat/bahan, transportasi pengambilan data, pembelian buku
referensi, dan alat tulis kantor.
Besarnya anggaran untuk masing-masing
pos disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Besar anggaran ini sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan perkembangan
situasi dan kondisi saat itu.
3. Penutup
Demikianlah rencana kegiatan
pembinaan ekstrkurikuler KPKT ini disusun agara dapat dijadikan acuan oleh
pihak-pihak yang berkepentingan. Dalam penyusunan ini tentu dimukan berbagai
permasalahan dan kekurangan. Oleh karena itu berbagai masukan dalam kerangka
penyempurnaan rencana kegiatan ini sangat diharapkan.
Akhirnya, agar rencana kegiatan
ini berjalan dengan tertib, aman, dan lancer, sangat diharapkan dukungan dari
stakeholder pendidikan di SMAN 1 Banjar. Atas segala partisipasi, dukungan, dan
budi baiknya diucapkan terima kasih, semoga kehadiran KPKT di SMAN 1 Banjar,
relevan dan signifikan dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil
pembelajaran
Mengetahui: Banyuatis,
Juli 2009
Kepala SMAN 1 Banjar, Pembina
KPKT,
Drs. I Dewa Ketut Ngurah Gede
Putra Adnyana, S.Pd.
NIP. 194912311975031016 NIP.
196812011991031005
1 komentar:
Mysuru Casino - The HERZAMMAN
Mysuru Casino 바카라 사이트 - The Home sol.edu.kg of the Best of the Slots! Visit us to Play the best slots and enjoy 바카라 the best table games in casinosites.one our casino. Visit poormansguidetocasinogambling us
Posting Komentar